Senin, 29 Juli 2013

Ary Ginanjar | Tokoh Integritas Nasional


Ary Ginanjar Agustian, Joko Widodo, Komaruddin Hidayat, Mahfud MD, Abraham Samad, Dahlan Iskan dan Anies Baswedan dinobatkan sebagai tujuh tokoh Indonesia yang dinilai memiliki integritas nasional yang tinggi berdasarkan penilaian Indeks Persepsi Integritas (IPI) oleh Komunitas Pengusaha Antisuap Indonesia (Kupas)

Penghargaan itu diberikan Kupas berdasarkan hasil survei terhadap persepsi masyarakat atas integritas tokoh-tokoh nasional. Integritas dalam bahasa Indonesia bermakna mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Sedangkan integritas nasional bermakna wujud keutuhan prinsip moral dan etika bangsa dalam kehidupan bernegara.

Dalam memberikan penghargaan ini Kupas telah menetapkan tujuh persyararatan sebagai tolak ukur bagi yang layak menerima penghargaan tersebut. “Tokoh yang menerima penghargaan haruslah yang jujur, bertanggung jawab, visioner, disiplin, mampu bekerja sama, adil, dan peduli,” ujar Direktur Eksekutif Kupas Susi Rai

Pada penghargaan tersebut Motivator Ary Ginanjar Agustian berhasil mendapatkan nilai tertinggi yakni 8,55. Disusul Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang mendapatkan nilai 8,3. Mantan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Komaruddin Hidayat memperoleh nilai 8,23. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD memperoleh nilai 8,16.

Sementara Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Abraham Samad mendapatkan nilai 8,03. Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mendapatkan nilai 7,91. Dan Rektor Universitas Paramadina sekaligus pengagas Indonesia Mengajar Anies Baswedan mendapatkan nilai 7,59.

Menanggapi hal ini, Ketua Dewan Penasihat Kupas Agum Gumelar menegaskan, kegiatan ini merupakan upaya dalam mencegah pidana korupsi yang marak dilakukan serta sebagai langkah-langkah nyata untuk meningkatkan integritas bangsa.

“Diperlukan langkah-langkah perbaikan moral untuk memberantas tindak korupsi dan kekerasan,” sahut Agum

Diambil dari infopublikDOTcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar