Selasa, 06 Agustus 2013

Ary Ginanjar | Indahnya Lailatul Qadar

Ary Ginanjar : ALKISAH ada dua orang yang beritikaf. Orang pertama, dia mendapatkan pengalaman spiritual. Ketika itu malam tiada angin, dan paginya ada rembulan berwarna putih, ciri-ciri lailatul qadar. Kemudian dia merasakan sesuatu yang luar biasa.
Sedangkan orang kedua, dia tidak merasa mendapatkan pengalaman spiritual yang menggetarkan atau melihat sesuatu yang luar biasa seperti cahaya rembulan yang sejuk tapi tidak menyilaukan.

Kemudian setelah selesai itikaf tersebut, tiga bulan kemudian, orang yang pertama melanggar perintah Allah atau tidak patuh pada-Nya. Yang satu lagi merasa tidak mendapat lailatur qadar, dia tetap menjadi orang yang saleh dan bertakwa.

Jadi, siapa yang sebenarnya mendapat lailatul qadar ?

Tapi yang pasti, kita harus ingat bahwa Rasulullah SAW mengatakan,” Innama bu’itstu liutammima makarimal akhlaq.” Artinya, Sesungguhnya aku diutus Tuhan untuk menyempurnakan kemuliaan akhlak.

Karena itu, output tujuan lailatul qadar tentu saja mendapatkan rahmat dan barokah yang dijelaskan para ulama, tapi pada akhirnya adalah akhlak kita.

Saya salut jika banyak yang itikaf, membaca Al Qur’an dan berdzikir supaya mendapatkan rahmat dan barokahnya di puncak bulan suci Ramadhan.
Yang pasti, puncak bulan suci Ramadhan ditunggu dan dinantikan oleh orang yang beriman dan bertakwa, dan kita harus mendapatkannya.

Ciri-ciri orang yang mendapat kebenaran, ketika melihat lautan yang biru dan luas berucap subhanallah. Ketika melihat gunung yang tinggi menjulang, kita merasa kecil tak berarti berucap subhanallah.
Ketika Nabi Musa melihat gunung Tursina pecah ucapanya, “Subhanaka tubtu ilayka wa anna awwalul Mu'mineen,” (Maha Suci Engkau Tuhanku, kami minta ampun, sesungguhnya kami orang pertama yang beriman).
Artinya, bahwa ketika manusia mendapatkan kebenaran yang di-iyakan oleh hatinya, maka sadar atau tidak sadar ucapannya subhanallah. Ketika kisah Isra Mi’raj,”Subhanallazi Asro bi'abdihi laylam minal masjidil harom mi ilal masjidil aqsho.” Selalu ada Subhanallah.

Seperti juga kisah Nabi Musa AS berkata kepada Allah,” Ya Tuhanku perlihatkan kepadaku agar aku bisa melihatMu.” Kemudian dijawab,”Musa, engkau tidak bisa melihatKu. Lihatlah gunung Tursina itu, kalau engkau bisa melihatnya engkau akan bisa melihatKu.”

Ketika manusia menemukan kebenaran maka ucapannya Subhanallah. Jadi, ketika kita mendapatkan malam lailatul qadar maka ucapannya adalah subhanallah. Ada banyak jalan meraih lailatul qadar, ada yang cepat, ada yang berliku. Tapi yang pasti jarak manusia dengan Allah sangat dekat.
Artinya, kondisi hati dan mental pada saat itu siap untuk menjadi landasan mendaratnya rahmat lailatul qadar. Bagaimana hati yang siap didarati oleh lailatul qadar? Karena kalau hati tidak siap, dia akan singgah di sebelah kiri kanan kita yang lebih siap.

Mari kita lihat bagaimana fenomena ketika Nabi Muhammad berjumpa dengan Allah. Itu dibaca di dalam tahiyat awal dan tahiyat akhir. “Attahiyatul mubarakatus solawatut taiyibatu lillah.”
Itu bukan ucapan biasa, tapi ucapan mata yang melihat dan hati yang membenarkan. Mungkin kita membacanya ringan, tapi bayangkan bagaimana Rasulullah ketika berjumpa dengan Allah, kira-kira bagaimana cara beliau mengucapkannya, apakah dengan tenang atau bergetar ?
Fenomena ketika Nabi Muhammad berjumpa dengan Allah. Maka pada saat itu Allah menjawab,” Assalaamu 'alayka ayyuhan-Nabiyyi warahmatullaahi wabarakaatuh.”
Saat itu kondisi dimana Allah mengakui Nabi Muhammad dan kemudian memberikan curahan rahmat dan barokah. Tetapi Nabi Muhammad SAW apakah terima sendiri ataukah ingat umatnya? Beliau lalu membalasnya,” Assalaamu 'alyna wa 'ala 'ibaadillaahis saaliheen.”

Pertanyaannya adalah, bisakah kita mendapatkan fenomena itu (ber isra mi’raj) ? Lantas apa hubungannya dengan lailatul qadar? Inilah yang harus sama-sama kita renungkan.

Banyak berbagai cara yang mungkin para ulama mengajarkan. Tetapi saya tertarik dengan beberapa kisah pencarian para nabi terhadap Allah.
Misalnya, kisah Nabi Ibrahim AS yang juga mencari, diapun meminta,” Ya Tuhanku tunjukkan kepadaku, agar aku bisa bagaimana menghidupkan orang mati?”
Allah menjawab,”Kamu tidak yakin?” Nabi Ibrahim membalas,”Tapi aku ingin keyakinan yang menghujam kedalam qalbu.” Allah berkata,”Ambil seekor burung lalu cincang olehmu lalu letakkan di puncak bukit itu.”

Nah, seandainya kita melihat fenomena itu, apa yang terjadi dengan hati kita. Pastilah kita akan tersungkur dan mengatakan,” Innallaha 'azizul hakim.” Dengan cara seperti itu, tauhid masuk ke dalam hati Ibrahim. Fenomena Nabi Musa juga ketika dia mengatakan,” Tuhanku perlihatkan, agar aku bisa melihatMu ?”

Akan tetapi kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW yang tidak akan bisa melihat laut merah terbelah seperti kisah Nabi Musa AS, kita bukan hidup di zaman Nabi Ibrahim yang melihat bagaimana api yang dingin ketika dia dibakar.
Kita adalah umat Nabi Muhammad SAW, yang juga membutuhkan sebuah inspirasi keyakinan yang menghujam di dalam hati. Dalam keheningan malam lailatul qadar, kalau itu yang didapat tersungkurkah kita?

Inilah sebuah kesadaran, “siapa saya, dimana saya, dan mau kemana saya?” Itulah pikiran orang-orang yang sedang mencari kebenaran.
Subhanallah, kalau pertanyaan ini tidak dijawab maka manusia akan mengalami spiritual patalogis, atau sakit jiwa spiritual.
Meskipun kita dapat harta setinggi gunung, meskipun kita punya uang berlimpah ruah, posisi apapun yang kita miliki sebelum mampu menjawab pertanyaan Ilahi ini, manusia akan menderita kekeringan yang luar biasa.

Apakah jawabannya ? Untuk jawaban siapa saya, jawabannya adalah ayat pertama yang diturunkan kepada manusia,” Iqra bismi Rabbika Alladhi Khalaq. khalaqal insana min 'alaq, Iqra Warobbukal Akrom, Alladzi 'allama bil qalam, allamal insana malam yalam.”

Rindu Mencari Jawaban

Bayangkan, seorang manusia diusia 35 tahun, saat itu dia tidak mau terbawa lingkungan penyembah latta dan uzza. Dia tidak mau mengikuti tuhan-tuhan yang ada di kota Mekah. Dia tidak mau mengikuti ajaran nenek moyang yang membunuh anak-anak wanita apabila dilahirkan, yang hidupnya penuh kemaksiatan.
Dia dibesarkan tanpa ayah dan ibunya meninggal pada saat dia berusia 7 tahun. Menikah di usia 25 tahun dengan wanita yang cantik jelita, terkaya dan semua laki-laki suka padanya.  Setelah menikah dia mulai berpikir tentang arti kebenaran dan siapa sesungguhnya kebenaran itu.

Maka dia tidak mengikuti ajaran-ajaran yang ada di kota Mekah, tetapi lebih suka pergi ke gua Hira’. Berpikir dibalik pergantian siang dan malam, berpikir di antara bulan dan bintang gemintang. Berpikir dengan hatinya yang ummi dan jernih,” Duhai siapa dibalik ini semua ?”

Dia tidak mau mengikuti orang-orang Mekah itu. Bukan seperti itu, dia berpikir, berpikir dan berpikir. Di setiap bulan Ramadhan dia ada di gua Hira, melihat rembulan di kegelapan malam dia merenung. Siang hari dia melihat Mekah dari kejauhan.

Bayangkan ketika seorang rindu akan pencarian sebuah jawaban, dan itu dikejar dalam jangka waktu usia 35 tahun hingga di usia 40 tahun. Maka bisa dibayangkan kalau kita ada di gua Hira itu berpikir dan tidak mendapat jawaban, “aku tidak mau ikut kaum jahiliyah itu, aku tidak mau menyembah berhala itu.”

Maka pada saat puncak pencarian itu, pertanyaan itu dijawab dan datanglah Jibril, “Muhammad, Iqro” Jawab Muhammad,” aku tidak bisa membaca” Jibril lalu menjelaskan, “Iqra bismi Rabbika Alladhi Khalaq. khalaqal insana min 'alaq, Iqra Warobbukal Akrom, Alladzi 'allama bil qalam, allamal insana malam yalam.”

Tak ada kata lain, ketika pertanyaan itu dijawab,”Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan. Yang menciptakan manusia dari segumpal darah. Tuhanmu lah yang maha pemurah yang mengajarkan manusia dengan perantaraan qalam. Dia mengajar kepada manusia apa yang tidak diketahuinya.”

Ary Ginanjar - Pendiri ESQ Leadership Center

Diringkas dari acara tausiyah di Masjid Baitul Ihsan, Bank Indonesia, Sabtu (3/8/2013) malam
Diambil dari Pelitaonline.com